Mahasiswa Pengairan Bersiap Absen Berbasis Elektronik

IMG_3793 copyJurusan Teknik Pengairan mempersiapkan diri menjadi pionir dalam penerapan absen dengan aplikasi RFID (Radio Frequency Identification). Dalam rapat pleno Jurusan, (13/Ags/2015), Sosialisasi pengaplikasian RFID mnejadi salah satu agenda yang diikuti. Sosialisasi dibawakan langsung oleh Adharul Muttaqin, ST., MT selaku Ketua Sistem Informasi Pengelola Sistem Informasi dan Kehumasan (PSIK) Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB). Bertempat di Ruang Satya Tirta, Lantai 2 Gedung Teknik Pengairan, tim teknis dari pengelola Sistem Informasi FT dan Unit Teknologi Informasi dan Komunikasi UB turut bergabung.watch full Justice League Dark film online

Dalam sosialisasi kali ini Tim PSIK langsung mempraktekkan teknis penggunaan RFID dengan kartu Identitas berupa kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) ataupun KTP. Aplikasi ini akan di install di seluruh ruang perkuliahan yang ada di Jurusan sebagai alat bantu presensi. Diharapkan sebelum memasuki kelas dosen dan mahasiswa meregistrasikan kartu identitasnya ke mesin RFID. Registrasi ini akan secara otomatis terdaftar dalam system pencatatan berbasis computer sehingga langsung dapat didata oleh recording.

Mengingat Jurusan Teknik Pengiaran sebagai yang pertama akan menerapkan aplikasi ini, Ketua Jurusan Teknik Pengairan, Ir. Moh. Sholichin, MT., Ph.D, selaku pimpinan rapat membuka sesi tanya jawab. Sesi ini disambut antusias oleh para Dosen. Masukan- masukan beruntun terutama dalam integrasi aplikasi ini dengan peraturan absensi perkuliahan.

Adharul sendiri mengakui bahwa aplikasi RFID tidak akan serta merta menghilangkan fungsi Absensi Manual walaupun ke depan akan semakin disempurnakan sehingga menjadi system tunggal. “Dengan Visi Internasionalisasi UB tahun 2020, kita harus terus berinovasi mengikuti standar internasional” ujarnya.

Usai Sosialisasi Tim dari PSIK tinggal di Ruang Rapat Jurusan Teknik Pengairan untuk melakukan pendataan Kartu Identitas Dosen Jurusan Teknik pengairan. Sosialisasi dan Pendataan Mahasiswa jurusan lainnya telah direncanakan dalam waktu dekat. (emis) (PSIK FT UB)

sumber : http://teknik.ub.ac.id/

5 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *