WATER CHARITY 2015 : Peduli Kekeringan di Blandit Timur Singosari

 veroxybd.com

Musim kemarau diprediksi berlangsung sampai bulan September. Badan  Meteorologi, Klimatologi Karangploso, Malang menyatakan, “musim hujan baru akan dimulai bulan Oktober. Hujan akan turun merata pada November.”

Meskipun sudah memasuki musim penghujan, dampak kekeringan masih dirasakan oleh sebagian warga tidak terkecuali warga Dusun Blandit Timur, DesaWonorejo, Kecamatan Singosari Kabupaten Malang.

Pasokan air bersih sudah digelontorkan BPBD sejak Agustus silam dan totalnya sudah mencapai 260.000 liter. Distribusi air bersih dilakukan dua hari sekali dengan kapasitas pengiriman mencapai 15 ribu liter setiap kali kirim.

Berhubungan dengan dampak kekeringan yang berkepanjangan,jumat 20 November  Himpunan Mahasiswa Pengairan bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang dan PDAM Kabupaten Malang mengadakan “Water Charity”, bentuk bakti sosial HMP beserta Keluarga Besar Mahasiswa Pengairan (KBMP) kepada masyarakat desa yang kekurangan air.

WCC

Sasaran kegiatan kali ini yaitu di Dusun Blandit Timur, Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. HMP melakukan dropping air bersih sebanyak dua tanki air langsung ke dua titik lokasi yang telah disiapkan warga setempat.

Dropping air bersih yang dilakukan HMP disambut baik dengan antusias masyarakat setempat untuk mengantri mengambil air bersih tersebut. “Kami sangat berterima kasih atas inisiatif dari teman-teman mahasiswa Teknik Pengairan dengan kepeduliannya untuk memerhatikan kondisi warga desa Blandit Timur yang sedang mengalami krisis air bersih saat ini” ungkap Pak Bambang selaku perwakilan warga Dusun Blandit Timur.

WCD

Dalam kegiatan bakti sosial yang diadakan HMP kali ini, tidak hanya berupa dropping air bersih tapi juga pembagian perlengkapan sekolah seperti alat tulis kepada 30 anak warga Desa Wonorejo.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari program kerja Himpunan Mahasiswa Pengairan Departemen Eksternal Divisi Sosial Mahasiswa dan Kajian Strategi (Sosma Kastrat). Dalam kegiatan bakti sosial tersebut, dihadiri oleh Muh. Ikhsan Rifqi selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Pengairan, Rana Karinta selaku Kadiv Sosma Kastrat, Perwakilan KBMP, dan Pak Bambang selaku Perwakilan Warga Dusun Blandit Timur.(Ismi,2015)

26 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *