AIR MELEJIT MASYARAKAT MENJERIT

Ketika ditanya tentang kepentingan air bersih tentu setiap orang akan berpikir bahwa hal tersebut merupakan hal yang sangat vital dan amat diperlukan. Dimana setiap hari kita membutuhkan air bersih untuk minum, memasak, mandi, mencuci dan sebagainya.

Dengan air yang bersih tentunya membuat kita terhindar dari penyakit. Kalau kita tahu, saat ini masalah air bersih merupakan barang yang langka di negeri tercinta kita ini, apalagi di kota-kota besar di Jawa Timur ini khususnya Kota Malang, air bersih merupakan barang yang mahal dan sering diperjualbelikan.

Dimana kita tahu bahwa segala pengelolaan dan pendistribusian air bersih dilakukan oleh Perushaan Daerah Air Minum (PDAM). PDAM sendiri merupakan  salah satu unit usaha milik daerah, yang yang bergerak dalam distribusi air bersih bagi masyarakat umum. Tentu sebagai penyedia layanan terhadap air bersih PDAM berperan sangat penting di tengah-tengah masyarakat.

Sebelum membahas lebih jauh terkait penggunaan air bersih, kita haruslah lebih mengetahui terlebih dahulu terkait penggunaan air bersih dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarsarkan perhitungan responden dari KBMP, diperoleh hasil sebagai berikut:

Sumber : Quisioner KBMP, 2017

Sebagian besar penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari lebih banyak dilakukan dalam aktifitas mandi, yang dimana kita tahu bahwa memang penggunaan air dalam aktifitas ini sangat besar pemakaian air. Kita membutuhkan sedikitnya 5 liter penggunaan air bersih untuk mandi, dapat dibayangkan penggunaan airnya yang apabila dihitung secara kumulatif tentu akan besar.

Tentu banyak masyarakat sekarang ini mengetahui terkait permasalahan yang dihapi dalam penggunaan air bersih, seperti quisioner yang telah dihimpun dari KBMP bahwa permasalahan tersebut terjadi akibat dari sebagian masyarakat yang tidak tahu betapa pentingnya air sehingga banyak yang masih membuang sampah yang berakibat dapat mencemari lingkungan dan sumber air.

Selain itu kurangnya kesadaran untuk menghemat air dan kurangnya sosialisasi terhadap pentingnya air bersih untuk menjaga kelestarian dan pengelolaannya. Namun  timbul pertanyaan besar, seberapa penting penggunaan air bersih itu sendiri?

Sebagian besar KBMP semua sepakat, bahwa penggunaan air bersih tersebut sangatlah penting. Menurut KBMP, penggunaan air bersih bersih sangat penting karena air merupakan sumber kehidupan dan kebutuhan pokok yang dapat menunjang kegiatan lainnya.

Berdasarkan jawaban responden diatas terkait penggunaan air serta permasalahan tentang air, apakah responden tahu terkait kenaikan harga air saat ini?

Ternyata hampir sebagian kurang mengetahui terkait kenaikan harga air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Hal tersebut dikarenakan kurangnya informasi serta kenaikan yang cukup mendadak yang dirasakan sebagian masyarakat.

Sumber:Quisioner KBMP, 2017

Sesuai diberitakan oleh Radar Malang bahwa permintaan Pemkab Malang selaku pemilik sumber mata air Wendit yang dikelola PDAM Kota Malang agar harga beli air naik dari Rp. 80 per meter kubik menjadi sekitar Rp. 600 per meter kubik. Kenaikan tersebut terjadi hampir 800 persen, dan tentu membuat PDAM Kota Malang tidak memiliki pilihan selain bernegosiasi ke Pemkab Malang.

Seperti yang telah dihimpun dari surat kabar Radar Malang, karena kenaikan melebihi angka Rp. 120 per meter kubik, jalan satu-satunya menaikkan harga jual pelanggan sebesar Rp. 3.200 dan biaya operasional vigrx plus diperkirakan mencapai Rp.2.600 per meter kubik. Dan biaya operasional itu bermacam-macam, mulai dari jaringan pipa hingga perlindungan agar air tetap bersih, terang Ketua Dewan Pengawas PDAM Kota Malang Wasto.

Dengan kenaikan harga air tersebut tentu masyarakat perlu mengantisipasinya, jadi langkah apa yang akan kita ambil selanjutnya?? (li)

 

DIVISI KAJIAN STRATEGIS

DEPARTEMEN EKSTERNAL

HIMPUNAN MAHASISWA PENGAIRAN

<?php pvc_stats_update( $postid, 1 ); ?>

17 total views, 2 views today

2 thoughts on “AIR MELEJIT MASYARAKAT MENJERIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *