Pelatihan Stabilitas Bendung dan Stabilitas Lereng Bendungan dengan Software Geostudio di Mataram NTB

Jumat, 4 Agustus 2017, Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Pengairan (Muhammad Iqbal) mendapat informasi dari salah satu dosen (Dr.Eng. Riyanto Haribowo,ST., MT.) bahwa ada alumni yang sekarang bergerak dibidang usaha jasa konsultan konstruksi yang berlokasi di Kota Mataram NTB membutuhkan  salah satu mahasiswa Teknik Pengairan untuk memberikan DIKLAT (Pendidikan dan Pelatihan). Pendidikan dan Pelatihan merupakan salah satu program kerja dari Devisi Pelatihan dan Penelitian, sehingga Ketua Himpunan Mahasiswa Pengairan meminta tolong bantuan Indah Tri Wahyuni selaku Kadiv Pelatihan dan Penelitian untuk mengkoordinir dan mencari SDM yang mampu memberikan diklat.  Akhirnya Kadiv Pelatihan dan Penelitian mengutus Yahya Eko Maryanto S untuk membantu memberikan Diklat bagi staff muda. Diklat yang akan diberikan adalah tentang Analisa Stabilitas Bendung dan Analisa Stabilitas Lereng Bendungan dengan Software Geostudio.

Dalam persiapan Diklat, Yahya selaku delegasi akan membuat sebuah buku atau modul tentang analisa stabilitas yang tujuan agar mempermudah peserta Diklat dalam pemahaman materi. Selain itu, modul ini juga dibuat agar dapat dijadikan sebagai referensi bagi mahasiswa Teknik Pengairan dalam menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan analisa stabilitas. Diklat tesebut diagendakan berlangsung apda tanggal 2 – 4 September 2017 yang bertempat di salah satu kantor konsultan yang bergerak di bidang SDA.

Pada hari sabtu tanggal 2 september 2017 delegasi berangkat dari bandara Juanda menuju Kota Mataram. Delegasi sampai di bandara Lombok Praya pada pukul 17:00 WITA dan langsung dilanjutkan perjalanan menuju kantor konsultan. Pada hari pertama ini dimulai dengan pengenalan delegasi HMP dan pengenalan staff – staff di kantor konsultan. Kemudian dilanjutkan pengenalan dasar tentang materi yang meliputi bendung beserta bangunan – bangunan pada bendung; embung beserta bangunan pelengkapnya; bendungan beserta bangunan pelengkapnya; serta analisa stabilitas bendung dan bendungan. Kegiatan di hari pertama ini berakhir pada minggu pukul 01:25 WITA dan delegasi diantarkan ke hotel untuk beristirahat.

Hari minggu tanggal 3 september 2017, pelatihan dimulai pukul 08:30 WITA dan senin pukul 01:00 WITA dilaksanakan dikantor konsultan. Pelatihan di hari kedua akan membahas mengenai analisa stabilitas bendung dan bendungan atau embung baik secara manual maupun menggunakan program Geostudio Slope/W. Kegiatan pelatihan berjalan lancar dan komunikatif, sehingga disini kita lebih banyak membahas stabilitas dalam sebuah forum diskusi yang di ikuti staff konsultan sekitar 5 orang. Kegiatan / sistematika pelatihan dibuat beberapa tahapan, yang pertama review pengetahuan bangunan bendung, bangunan bedungan atau embung dan analisa stabilitasnya, kemudian dilanjutkan paparan tahapan pengerjaan analisa stabilitas, dan terakhir di tutup dengan latihan soal pengerjaan analisa stabilitas berdasarkan studi kasus dari proyek yang sudah pernah dilaksanakan oleh pihak konsultan.

Pada hari terakhir senin, 4 september 2017 pukul 09:00 WITA sampai 12:00 WITA dilakukan review hasil pelatihan dari 2 hari sebelumnya. Delegasi dijadwalnya pulang dari Lombok dengan penerbangan pada pukul 17:25 WITA dan sampai di bandara Juanda pukul 17:20 WIB. Delegasi berangkat dari kantor konsultan menuju bandara Lombok Praya pukul 01:15 WITA dan dalam perjalanan menuju bandara sesekali mampir membeli oleh – oleh untuk teman – teman yang di Malang.

Melihat respon positif dari para perserta Diklat Mataram, maka seharusnya kegiatan semacam ini perlu dikembangkan. Kegiatan seperti Diklat eksternal ini diharapkan mampu untuk mengembangkan potensi teman – teman mahasiswa Teknik Pengairan, memberikan pengalaman kerja bagi mahsiswa, sharing dalam bidang perencanaan bangunan air, mempererat sillahrutahmi dengan alaumni dan para praktisi lapangan. (itw)

27 total views, 4 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *