SAMPAH JADI MILIK “SIAPA”?

Bagi seorang mahasiswa yang ideal ialah dapat menyeimbangkan aktifitas akademik serta non akademiknya. Tentu untuk menyeimbangkan hal-hal tersebut dapat didukung melalui lingkungan sekitar. Lingkungan sekitar yang dimaksud ialah orang-orang terdekat yang dapat berbagi ilmu dan setidaknya dapat menjadi teman mengobrol. Dan dukungan terhadap kebersihan lingkungan  sekitar juga menjadi nilai plus bagi kita dalam menyeimbangkan akademik dan non akademik.

Kita tidak dapat belajar dengan tenang dan fokus apabila lingkungan sekitar kita kotor dan tidak terjaga kebersihannya. Begitu pula dengan sebagian dari mahasiswa yang sedang mengikuti kegiatan non akademik seperti keorganisasian. Dimana apabila sedang rapat tentu kondisi lingkungan yang tidak bersih sehingga menimbulkan bau tak sedap akan mengganggu jalannya rapat tersebut.

Timbulnya bau tak sedap serta kondisi lingkungan yang kotor tentu menjadi sebuah permasalahan bagi kita semua. Kita tahu bahwa permasalahan tersebut muncul tentu ada sebab dan akibat, ini menjadi titik awal bagi kita untuk menuntaskan permasalahan tersebut. Penyebab atas permasalahan tersebut akibat dari tindakan kita yang tidak mau membuang sampah pada tempatnya alias “buang sampah sembarangan”

Dapat kita lihat sendiri tempat sampah yang seharusnya disediakan untuk tempat sampah namun tidak semua sampah yang dibuang ke dalamnya.

Padahal seharusnya kemasan makanan, minuman, dan hal-hal lainnya yang kita bawa seharusnya menjadi tanggung jawab kita untuk membuangnya, sehingga akibat yang ditimbulkan atas tindakan tersebut membuat lingkungan sekitar kita menjadi kotor dan bau tak sedap untuk dipandang.

Lantas bagaimana tanggung jawab kita atas sampah-sampah yang kita tinggalkan itu?

Tentu itu bukan menjadi tanggung jawab dari office boy atau cleaning service seperti yang kita akrab panggil OB. Memang itu bagian dari pekerjaan mereka, tapi tanggung jawab atas kebersihan lingkungan dan kepedulian lingkungan itu merupakan tanggung jawab “bersama”.

Hal terpenting ialah segala tindakan kecil kita terhadap kebersihan dan kepedulian lingkungan itu merupakan sesuatu yang besar dan bermanfaat akan kedepannya.

Jadi, tindakan apa yang akan Aku lakukan sebagai seorang “Mahasiswa” pada kebersihan dan kepedulian lingkungan? (li)

138 total views, 1 views today