Hasil Kuisioner MediAir

MediAir merupakan salah satu bentuk komunikasi yang dicetak dan dibukukan menjadi majalah. Berisikan berbagai berita, ilmu, cerita, kondisi, dan berbagai hal lain tentang dunia keairan serta jurusan teknik pengairan itu sendiri. Kata menjadi kalimat, kalimat menjadi paragraf, kemudian paragraf menjadi cerita. Begitulah prosesnya manusia saling berkomunikasi satu sama lainnya dan begitulah prosesnya sebuah majalah bernama MediAir bisa berdiri. Kecil kemudian semakin besar walaupun sempat mati, namun pada kepengurusan Himpunan Periode 2015/2016 dibangkitkan kembali setelah lama tidak diketahui keberadaannya oleh KBMP.

LSO (Lembaga Semi Otonom) merupakan
lembaga yang bergerak dalam bidang keprofesian dan memiliki rumah tangganya sendiri. Berbicara tentang LSO, MediAir merupakan LSO tertua pada zamannya sebelum LSO lainnya terbentuk pada masanya. Mungkin lebih dikenal dengan LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) dengan fungsi dan setiap program kerjanya. Namun kemudian entah bagaimana sejarah bercerita, LSO MediAir berubah menjadi Program Kerja Himpunan Mahasiswa Pengairan sebelum benar – benar hilang. Begitulah cerita dan sejarah singkat MediAir majalah ikonik kebanggaan kemahasiswaan Jurusan Teknik Pengairan.

Pada periode 2017/2018 ini, MediAir direncakan untuk rilis kembali. Kali ini akan membawa sebuah sistem yang bisa dikatakan mencoba satu langkah lebih jauh. Sebelum mulai melangkah, tentu saja kami calon tim Jurnalistik MediAir akan melakukan survei terlebih dahulu tentang bagaimana tanggapan KBMP kedepannya. Hasil survei secara kuantitas sebenarnya kurang memuaskan. Hanya 96 koresponden yang memberikan suaranya untuk MediAir dari sekitar 300 lebih KBMP aktif saat ini. Bagaimana hasilnya? Lihat grafik berikut ini

  • MediAir merupakan wadah membaca yang sangat penting

Wadah membaca memang sangat beragam, dari media sosial, internet, koran, majalah. Selama pergeseran zaman dan teknologi yang terus berkembang, maka tidak salah apabila media cetak semakin tergeser. Namun apabila ditelaah lebih dalam ada nilai positif dan negatif tersendiri dengan ada tidaknya media cetak yang beredar. Berdasarkan kuisioner ini KBMP jauh lebih banyak memilih setuju bahwa MediAir masih dirasa penting sehingga hal ini menjadi dasar kami untuk terus melanjutkannya.

  • MediAir sebagai sarana ilmu pengetahuan

Lain majalah, lain isinya. Bagi kami dan para pembaca yang lain mungkin sependapat bahwasanya majalah dapat menjadi bahan bacaan menarik dan tentu saja bukan tentang ilmu pengetahuannya yang menarik. Akan tetapi memang masih diperlukan sebuah isi tentang ilmu pengetahuan yang dikaji lebih dalam dan diusahakan lebih daripada yang biasa dibaca di internet. Berdasarkan kuisioner yang ada, maka KBMP lebih banyak setuju sehingga kami akan menampilkan sendiri konten yang mendukung atau mencakup ilmu pengetahuan yang ada.

  • Bangga memiliki majalah ikonik

Adakah kebanggaan tersendiri apabila kita memiliki sebuah wadah dimana pembaca yang mungkin juga bukan berasal dari pengairan membaca tulisan – tulisan dari KBMP? Dari mahasiswa pengairan? Tulisan kawan atau teman kita atau bahkan diri kita sendiri? Ikonik berarti dapat lebih lama diingat dan harapan kedepannya majalah ini memang akan terus diingat sebagai sarana komunikasi yang terus diingat. Berdasarkan kuisioner yang ada, banyak KBMP yang setuju dan bangga dengan adanya MediAir ini.

  • Lebih suka membaca Online karena lebih efektif

Pergeseran informasi dan teknologi memang sangat terasa. Dibuktikan dari hasil kuisioner ini dimana lebih banyak yang sepakat dengan kalimat ini walaupun dengan jumlah yang hampir sama. Dari 96 koresponden, 50 setuju lebih nyaman membaca Online sedangkan 46 lainnya tidak setuju. Online memang lebih mudah dan lebih cepat dalam aksesnya, namun apabila saya ubah pertanyaannya, bagaimana setiap file yang bapak ibu dosen berikan apakah pernah anda baca? Atau anda lebih membaca hardcopynya ketika akan belajar? Akan ada sedikit perdebatan memang melihat pandangan masing masing

Belum selesai disini, media online sudah kami terapkan lama dan dinaungi oleh Divisi Humas dan Medkominfo dalam bentuk artikel di Website. Jika melihat fakta, sebuah artikel yang menembus angka 200 viewer sudah sangat mengagumkan, jadi lebih efektif yang mana?

  • MediAir butuh lebih dikembangkan dan ditingkatkan

Pengembangan dan peningkatan dapat dari berbagai hal, sejauh ini yang bisa kami terus tingkatkan adalah masalah desain dan masalah isi serta konten dari majalah tersebut. Masalah kualitas yang lain sampai saat ini masih sangat terkendala dengan dana yang ada sehingga kebutuhan dana sebenarnya lebih diutamakan. Hampir semua koresponden mengatakan memang butuh untuk lebih dikembangkan dan ditingkatkan.

  • Perlu wadah untuk KBMP bisa Join

KBMP memang bisa join. Dari segala macam hal yang ada dalam satu majalah kami sudah mencanangkan berbagai hal dimana KBMP bisa join. Beberapa hal tersebut dari dimana KBMP bisa mengisi TTS, KBMP bisa menggunakan wadah untuk promosi dan lain sebagainya. Sehingga banyak hal dimana MediAir bisa menjadi tempat KBMP untuk Join.

 

Kedepannya memang sangat banyak hal yang dibutuhkan untuk keberlanjutan dari MediAir yang ada sehingga memang dibutuhkan perjuangan dan dukungan penuh dari seluruh pihak yang ada. (yri)

 

 

 

 

 

183 total views, 1 views today