Diklat Tirta 2017

Pada hari sabtu tanggal 28 Oktober 2017 telah di adakan kegiatan Diklat Tirta 2017 atau pelatihan karya tulis ilmiah. Kegiatan diklat tirta ini merupakan kegiatan pembekalan kepada mahasiswa baru untuk mengikuti kegiatan PKM seperti bagaimana cara menggali dan mengembangkan ide dengan metode brainstorming dan bagaimana cara penulisan PKM yang baik dan benar, Teknik-teknik presentasi yang baik dan benar serta motivasi mahasiswa baru untuk mengikuti kegiatan PKM dan kompetisi karya tulis ilmiah yang akan di adakan.

Pemateri Diklat Tirta, Pak Didit (kiri) dan Pak Endra (Kanan)

Kegiatan diklat tirta dimulai pukul 07.50 dengan kegiatan awal sarapan mahasiswa baru dengan roti yang disediakan panitia, kemudian ada sambutan ketua himpunan mahasiwa pengairan 2017/2018 dan pengenalan diklat tirta oleh ketua divisi pelatihan penelitian, setelah itu penyampaian materi I mengenai brainstorming yang di sampaikan oleh Endra Yuafanedi A., ST., MT, dilanjutkan materi II mengenai Teknik penulisan dan motivasi untuk yang disampaikan oleh Dr. Eng. Tri Budi P., ST., MT, dan materi yang terakhir disampaikan oleh mahasiswa peraih medali emas pada PIMNAS 2017 mengenai pengalaman mengikuti PKM, dan Teknik presentasi yang baik dan benar. Kegiatan berakhir pada pukul 12.45.

Berdasarkan pemateri, kondisi mahasiswa baru saat materi berlangsung yaitu aktif dan antusias mengenai materi yang disampaikan. Sebagai pemula yang baru mengikuti dan mengenal dunia PKM, mahasiswa baru cukup kompeten dalam penulisan abstrak PKM. Saat acara berlangsung mahasiswa baru mengumpulkan sebanyak 39 abstrak yang kemudian akan di urutkan berdasarkan ide yang baik dan kemungkinan lolos untuk tahap universitas oleh Endra Yuafanedi A., ST., MT dan Dr. Eng. Tri Budi P., ST., MT.

Mahasiswa Baru Teknik Pengairan Presentasi Abstrak

Kendala yang di hadapi saat pelaksanaan kegiatan diklat tirta adalah pemateri I terlambat sekitar 10 menit sehingga rundown menjadi mundur. Kemudian kendala lainnya yaitu mahasiswa baru yang hadir tidak sesuai harapan dengan target mahasiswa baru yang hadir 116 orang ternyata yang hadir hanya 75 orang sehingga output dari kegiatan diklat tirta hanya bisa di rasakan oleh 75 mahasiswa baru.

Harapannya setelah mengikuti kegiatan diklat tirta mahasiwa baru bisa mengikuti kegiatan PKM dan kompetisi karya tulis ilmiah untuk kedepannya. (itw)

170 total views, 2 views today