Air Tanah : Warisan Masa Depan

Hari Air Dunia barusan di peringati pada tanggal 22 Maret kemarin sebagai sarana untuk memusatkan perhatian manusia akan pentingnya air itu sendiri. Air seharusnya mendapatkan perhatian secara banyak kalangan entah itu dari pemerintah sampai masyarakat untuk pentingnya dalam menghemat penggunaan air.

Meningkatnya populasi manusia membuat kebutuhan air semakin meningkat dalam memenuhi kebutuhan hidup entah itu digunakan untuk mandi,air,baku,industri ataupun lainnya. Ditambah lagi saat ini jumlah air permukaan yang layak di konsumsi semakin berkurang dikarenakan banyaknya manusia saat ini yang rajin menabung sampah disungai tanpa memikirkan dampak kedepannya. Lalu jika air permukaan yang bersih semakin menipis ,bagaimana kelanjutan hidup manusia?

Salah satu harapan manusia  untuk memenuhi kebutuhan hidupnya ialah air tanah. Air tanah merupakan sumber yang sangat penting bagi manusia. Air tanah disimpan di dalam lapisan yang disebut akuifer. Akuifer dapat dijumpai pada daratan pantai, daerah kaki gunung, lembah antar pegunungan, dataran alluvial dandaerah topografi karst. Walaupun demikian pemakaian air tanah harus mempertimbangkan faktor kelestarian air tanah , yang meliputi factor kualitas dan kuantitasnya. Salah satu cara mempertahankan kualitas air tanah adalah dengan menerapkan sumur resapan.

Jika nanti sampai pada waktu ketika air permukaan sudah sedikit yang bisa dikonsumsi atau sudah tidak layak lagi. Para manusia akan berebutan untuk memperoleh air. Dan seperti yang saya tuliskan pada bait sebelumnya bahwa harapan terakhir untuk menikmati air adalah air yang ada di dalam tanah karena air tanah tidak terpangaruh oleh tangan jahil manusia yang mencemari sungai. Walaupun air tak pernah habis tapi jika tidak bisa dikonsumsi ya buat apa? Tak ada gunanya.

Ayo tanamkan perubahan mulai sekarang mulai dari diri kita sendiri. Lebih baik merawat dari pada mengobati demi masa depan anak cucu kita.

Ramadhan Sangsang B.

206 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *