December 6, 2018

Did You Know? : Definisi Baru Satuan Kilogram

Sejak 1889, umat manusia telah bergantung pada sebongkah “batu ajaib” yang dikenal sebagai Le Grand K, terletak di sebuah besmen dengan penjagaan yang ketat di gedung International Bureau of Weights and Measures di Sèvres, Paris. Batu ajaib itu sebenarnya adalah sebongkah logam campuran yang terbuat dari 90% platinum dan 10% iridium. Keajaibannya datang bukan karena kekuatan supernatural, namun karena para ilmuan mendeklarasikannya sebagai apa yang kita sebut dengan satu kilogram selama ini. Tapi tepat pada 16 November 2018, para ilmuan dari lebih 60 negara dalam General Conference on Weight and Measures di Versailles, Perancis, telah menetapkan Le Grand K bukan lagi batu ajaib.

Mengapa para ilmuan terusik dengan definisi satuan kilogram yang sudah ada? Le Grand K yang dibuat pada tahun 1889 itu telah kehilangan massanya seberat 50 mikrogram dalam 129 tahun terakhir. Para ilmuan sangat terganggu dengan itu, mereka menginginkan panutan satu kilogram itu konstan, selamanya.Faktanya, kilogram merupakan satu-satunya unit dasar dalam satuan SI yang masih didefinisikan berdasarkan objek fisik. Seperti satuan meter, dahulu satu meter didefinisikan sebagai panjang sebuah batang logam yang terletak di Bureau of Weight and Measures, Sèvres, Paris. Namun pada 1983 para ilmuan telah memutuskan bahwa satuan meter didefinisikan dengan sesuatu yang konstan, yaitu kecepatan cahaya. Sekarang satu meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh oleh cahaya di ruang vakum dalam 1 per 299792458 detik.

Jadi, satu kilogram yang baru mungkin akan didefinisikan berdasarkan fenomena alam semesta yang takan pernah berubah yang dikenal dengan Konstanta Planck. Konstanta Planck adalah suatu fenomena dalam mekanika kuantum yang mengijinkan besaran massa bisa berhubungan dengan energi elektromagnetik. Bagaimana cara kerjanya? Siapa yang tidak kenal dengan rumus populer milik Einstein, E=mc2, dimana E merupakan energi, m adalah massa dan c adalah kecepatan cahaya. Namun terdapat ekspresi lain dari energi yang mungkin kurang populer, yaitu E=hv, ekspresi kuantum pertama dalam sejarah yang dinyatakan oleh Max Planck pada 1900. Dimana v merupakan frekuensi dan h merupakan apa yang kita sebut Konstanta Planck. Sedikit membingungkan mungkin bagi orang awam, namun yang terpenting adalah para ilmuan telah menemukan cara untuk mendefinisikan satuan kilogram berdasarkan kebeneran yang universal.

Jadi kesimpulannya apakah satu kilogram Apel Malang bukan lagi satu kilogram Apel Malang setelah perubahan? Jawabannya tidak, perubahan tersebut tidak akan berdampak pada kegiatan pengukuran kita sehari-hari. Namun perubahan tersebut akan sangat signifikan bagi para ilmuan dan ahli metrologi di seluruh dunia dalam penemuan-penemuan di bidang sains kedepannya.

– Gemma Firdaus –

665 total views, 2 views today