March 4, 2018

KANCIL (Kreativitas Anak Cinta Lingkungan)

KANCIL


Sebuah Ajang Perlombaan dan Pendidikan untuk Anak – Anak

“Anak – Anak dan Pemuda adalah Penerus Bangsa”


“UMUM”

Acara “Kancil” merupakan rangkaian acara Pekan DAS Brantas XI yang ditujukan untuk siswa – siswi sekolah Dasar. Acara ini terdiri dari berbagai ekgiatan didalamnya yang terdiri dari lomba menggambar, lomba yang sifatnya dapat mengasah kreativitas anak – anak. Selain kegiatan yang bersifat kompetisi, dalam acara ini juga diadakan game – game yang mengajarkan tentang lingkungan kepada anak.

Selain kegiatan yang bersifat kompetisi, dalam acara ini juga akan diadakan kunjungan ke beberapa SD dengan kriteria SD berdekatan dengan sungai dengan maksud mengajarkan kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga lingkungan, terutama lingkungan sungai,. Anak-anak SD yang dikunjungi akan diundang untuk mengikuti kompetisi dan tiap delegasi dari SD kunjungan akan menampilan penampilan seni sesuai dengan lingkungan sungai di sekitar SD mereka. Diharapkan peserta lomba dan anak-anak SD kunjungan dapat memahami berbagai macam kondisi lingkungan sungai di Malang Raya.


“KONTEN ACARA”

  • Kancil Goes to School

Kunjungan ke Sekolah Dasar dengan nama Kancil Goes to school menjadi acra pertama yang akan dilakukan pada kegiatan Kreativitas Anak Cinta Lingkungan ini. Sejauh ini terdapat 2 Sekolah Dasar yang telah memenuhi kriteria untuk kunjungan yaitu :

  1. SD Negri 05 Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. yang akan rencana dikunjungi pada tanggal 7 Maret 2018.
  2. SD Negri 04 Kepanjen, Kabupaten Malang. yang akan rencana dikunjungi pada 10 Maret 2018

kunjungan ke SD tersebut bertujuan mengedukasi anak – anak betapa pentingnya air untuk kehidupan manusia sehari – hari melalui beberapa kegiatan, yaitu:

  1. Opening Ceremony dengan melepaskan balon yang diselipkan pesan untuk menyampaikan harapan dan cita – cita anak – anak untuk lingkungan sungai di sekitar mereka
  2. Presentasi menggunakan video
  3. Praktik Langsung, yaitu dengan membuat water treatment sederhana guna memperbaiki kualitas air, selain itu mempelajari tentang kondisi tanah yang mudah longsor, dari praktik tersebut akan ada output berupa tanaman yang ditanam di media tanah dengan tujuan tanah tersebut tidak mudah longsor serta sebagai tanaman pengindah di sekolah.
  4. Games, yaitu untuk melatih koordinasi antar teman
  5. Kuis berhadiah

 

  • Lomba Menggambar dan Mewarnai

satu minggu setelah kegiatan kunjungan, tepatnya tanggal 18 Maret 2018 di Gazebo Raden Wijaya Universitas Brawijaya Malang terdapat kegiatan lanjutan dari Kreativitas Anak Cinta Lingkungan. Kegiatan lanjutan berupa kompetisi lomba menggambar dan mewarnai dimana mengangkat tema “Sungaiku, Kehidupanku”. berikut ini adalah kategori peserta lomba:

  1. Kategori Lomba menggambar adalah usia 8 – 10 tahun
  2. Kategori Lomba mewarna untuk usia 4 – 5 tahun
  3. Kategori Lomba mewarna untuk usia 6 – 7 tahun

Selain lomba tersebut, Kegiatan juga berisikan stan – stan berisi edukasi visualisasi dan untuk orang tua yang menunggu dipersilahkan menyaksikan presentasi dari dosen teknik pengairan, penampilan dari Lembaga Semi Otonom Triaksara Teknik Pengairan dan juga penampilan dari Sekolah Dasar kunjungan Kancil Goes to School.

 

  • Olimpiade Pekan DAS Brantas XI

bersamaan dengan kegiatan Lomba Menggambar dan Mewarnai, yaitu pada 18 Maret 2018 terdapat kegiatan lain dengan jenis kompetisi yaitu Olimpiade Pekan DAS Brantas XI yang dilaksanakan di Gedung A Teknik Pengairan, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya Malang. Olimpiade atau kompetisi yang disediakan dengan mengangkat mata pelajaran Matematika dan IPA dengan kategori umur 10 – 12 tahun. Olimpiade ini merupakan olimpiade beregu dengan satu tim berisikan 3 orang. alur dari Olimpiade ini sebagai berikut:

  1. Babak Penyisihan Pertama dengan mengerjakan 100 soal
  2. Babak Penyisihan Kedua dengan metode cepat tepat
  3. Babak Cepat Tepat Semi Final
  4. Babak Cepat Tepat final dimana pada babak final ini hanya ada 3 tim terakhir yang telah lolos melalui semua babak dan dilakukan di Gazebo Raden Wijaya sembari menunggu pemenang lomba menggambar dan mewarnai

“ALUR PENDAFTARAN”

Biaya Pendaftaran:

  1. Lomba Menggambar Rp. 25.000,00
  2. Lomba Mewarnai Rp. 25.000,00
  3. Lomba Olimpiade PDB XI Rp. 75.000,00

Kemudian untuk pendaftaran yang dilakukan sesuai alur berikut ini:

  • Uang pendaftaran dikumpulkan kolektif di sekolah atau individu sesuai dengan biaya pendaftaran sesuai yang tertera.
  • Membayar biaya pendaftaran yang dapat dibayarkan:
  1. Secara Langsung dengan datang ke Sekretariat Himpunan Mahasiswa Pengairan (Gedung Kemahasiswaan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Jl. MT Haryono 167 Malang, Jawa Timur)
  2. Kirim ke nomor Rekening BCA
    No. 3310444129
    atas nama Didiet Tri Soepriyanto
  • Mengisi dan melengkapi berkas berupa:
    – Form Pendaftaran sebagaimana bisa didownload pada link berikut ini:

FORM PENDAFTARAN ——–> KLIK DISINI

Fotocopy/scan kartu pelajar atau akta kelahiran
– Bukti biaya pendaftaran

  • Menyerahkan berkas dengan cara:
  1. Secara Langsung dengan datang ke Sekretariat Himpunan Mahasiswa Pengairan (Gedung Kemahasiswaan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Jl. MT Haryono 167 Malang, Jawa Timur)
  2. Dalam bentuk file dan dikirimkan ke pekandasbrantas@gmail.com
  • Mentaati petunjuk teknik dan peraturan perlombaan
  • Untuk CP dapat menghubungi:
    Aini : 085954356619
    Dwi : 081363733462

 


“TEASER KANCIL”

Klik Here to see video

335 total views, 2 views today