January 12, 2018

Kompetisi Bangunan Air Indonesia 2018

KOMPETISI BANGUNAN AIR INDONESIA 2018


Dengan Mengusung Tema

“Inovasi perbaikan dan pemeliharaan wilayah sungai secara konservatif sebagai upaya pengamanan terhadap banjir berbasis ekowisata”


“SEJARAH”

Kompetisi Bangunan Air Indonesia (KBAI) merupakan lomba desain bangunan air dalam upaya pengelolaan kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang dilaksanakan sebagai bentuk inovasi dari insinyur-insinyur muda untuk mengatasi berbagai permasalahan sungai yang ada di Indonesia. KBAI merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pengairan (HMP) Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Pada mulanya, kegiatan ini diselenggarakan atas dasar keprihatinan civitas akademika teknik pengairan FT-UB terhadap kondisi DAS Brantas bagian tengah yang semakin bermasalah dari tahun ke tahun. Kemudian HMP berinisiatif untuk mengadakan sebuah kegiatan yang bertujuan sebagai wadah yang mampu menampung inovasi – inovasi mahasiswa/i di Indonesia dalam menyelesaikan permasalahan DAS tersebut. Ide tersebut sudah direncanakan sejak tahun 2013, tetapi belum ada realisasi hingga tahun 2015. Pada tahun 2016,  berkat tekad beserta dukungan dari seluruh civitas akademika, HMP mewujudkan konsep yang sudah di rencanakan pada periode periode sebelumnya. Dengan berbagai pertimbangan serta keraguan yang ada dalam melaksanakan lomba bertaraf nasional, maka terbentuklah kegiatan lomba yang bernama Kompetisi Bangunan Air Indonesia (KBAI) yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2017. Dengan melihat permasalahan yang terjadi di wilayah sungai di kota malang (Kampung Wisata Jodipan), KBAI 2017 akhirnya mengangkat tema “Pengembangan Infrastruktur Keairan Kawasan Bantaran Sungai di Perkotaan Berbasis Konservasi Air”.


“KILAS BALIK”

Kompetisi Bangunan Air Indonesia atau disingkat dengan KBAI pertama kali diselenggarakan pada tahun 2017 oleh Himpunan Mahasiswa Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Pada tahun pertama, KBAI mampu menarik minat para mahasiswa/i seluruh Indonesia untuk menuangkan ide/inovasinya dalam mengatasi permasalahan sungai. Proposal peserta yang masuk diseleksi untuk menjadikan 10 finalis yang berkompetisi dalam tahap Grand Final. Tahap Grand Final dilaksanakan pada tanggal 1-4 Mei 2017 yang terdiri dari kegiatan pembukaan, presentasi, gelar pameran maket dan xbanner, serta pengumuman juara pada kegiatan gala dinner. Dari hasil tahap GrandFinal, didapatkan juara KBAI 2017 sebagai berikut:

Juara 1 : Amreta Naraya – Institut Teknologi Bandung

Juara 2 : Punggawa64 – Universitas Brawijaya

Juara 3 : Ayuthaya – Universitas Indonesia

Maket Terbaik : Amreta Naraya – Institut Teknologi Bandung

Presentasi Terbaik : Ayuthaya – Universitas Indonesia

KBAI 2017


“KBAI 2018”

Pada tahun 2018, KBAI kembali diselenggarakan dan menjadi salah satu rangkaian kegiatan Pekan Das Brantas XI. dengan mengusung tema “Inovasi perbaikan dan pemeliharaan wilayah sungai secara konservatif sebagai upaya pengamanan terhadap banjir berbasis ekowisata”. dalam menunjang segala bentuk lomba tersebut, maka segala keperluan perlombaan dapat di download pada link berikut ini:

>FORMULIR KBAI 2018

>PANDUAN KBAI 2018

>PETUNJUK PENULISAN PROPOSAL

>LOGO KBAI 2018

 

Berikut adalah 10 finalis yang lolos ke tahap selanjutnya:

  • AOI TEAM – Universitas Teknologi Yogyakarta
  • CT-Khidmah – Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  • Banyujingga – Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Bayusuta – Universitas Indonesia
  • Circle Katara – Universitas Diponegoro
  • CT-Tirta Karya – Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  • Amreta Yokara – Institut Teknologi Bandung
  • Cremona – Universitas Indonesia
  • Aorora Team – Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Compactor – Universitas Pakuan Bogor

Selamat kepada 10 besar finalis Kompetisi Bangunan Air Indonesia. Terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mendaftar dan mengirimkan proposal. untuk yang belum bisa berkesempatan lolos, jangan menyerah dan tetap berkarya membangun negri.

Peserta yang lolos dapat mendownload file panduan dan formulir pada link berikut ini:

PANDUAN FINALIS KBAI 2018
FORMULIR PENDAFTARAN FINALIS

3,512 total views, 1 views today