March 6, 2018

Penelusuran DAS Brantas

PENELUSURAN DAS BRANTAS


Konservasi, Sosialisasi, Aksi untuk DAS Brantas

“Action to Save Brantas”


“SEJARAH”

Penelusuran DAS Brantas pertama kali dilaksanakan pada tahun 1984, pada awalnya kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Jurusan Teknik Pengairan kepada masyarakat yang lebih luas. Pasalnya pada saat itu masih banyak masyarakat yang belom mengetahui Jurusan Teknik Pengairan ini, Untuk mencapai tujuan tersebut Penelusuran Das Brantas dilakukan setiap 2 tahun sekali.

Berjalan dari hulu brantas sembari mengamati DAS Brantas itu sendiri hingga sampai di Universitas Brawijaya menjadi aksi yang cukup besar kala itu. Orang – orang akan menjadi kenal dan tahu tentang Teknik Pengairan yang masih sepi dan masih kurang booming. Namun karena kebutuhan acara Penelusuran dirasa terlalu berat maka sekitar 1990 acara penelusuran diadakan 4 tahun sekali. Seiring berjalannya waktu kegiatan Penelusuran DAS Brantas dikembangkan menjadi beberapa sub acara, Maka nama kegiatan Penelusuran DAS Brantas diubah menjadi Pekan DAS Brantas atau yang dikenal sebagai PDB.


“KONTEN KEGIATAN”

  • Penelusuran (Hiking)

Penelusuran DAS Brantas PDB XI, tidak berbeda dengan Penelusuran sebelumnya, dimana akan dilakukan hiking yang akan diikuti oleh peserta & NGO. Hiking ini bertujuan untuk menyadarkan kepada peserta & NGO Penelusuran DAS brantas PDB XI, dengan kondisi Brantas saat ini.

  • Uji Sample (Meliputi Analisa Kualitas Air, Pengukuran Profil Sungai & Analisa Kondisi Sungai). Kegiatan uji sample khusus dilakukan oleh panitia.

Kegiatan Uji Sample merupakan rangkaian kegiatan dari Penelusuran DAS Brantas PDB XI yang dilaksanakan pada tahun 2018. Kegiatan uji sample ini dilakukan untuk menjadi data atau perbandingan kondisi DAS Brantas di setiap tahun nya atau 4 tahun kedepan. Oleh karena itu kegiatan uji sample dilakukan di 3 lokasi, lokasi tersebut dibagi menjadi bagian hulu, tengah dan hilir. Untuk bagian hulu akan dilakukan uji sample di daerah pendem (Batu), di tengah akan dilakukan uji sample di daerah Lohor/Sutami dan di bagian hilir akan dilakukan uji sample di daerah Jembatan Merah (Surabaya). Kegiatan ini hanya melibatkan panitia sebagai pelaksan dan Divisi Penelitian Himpunan Mahasiswa Pengairan (HMP) yang akan menguji dari hasil sample tersebut, yang nantinya hasil sample juga akan ditampilkan di salah satu kegiatan PDB XI.

  • Konservasi (Gully Plug, TPA & Titik Himbauan)

Dalam kegiatan konservasi yang ada di dalam Penelusuran DAS Brantas PDB XI, akan dilakukan sembuah pembangunan yang nantinya hasil dari pembangunan Penelusuran DAS Brantas PDB XI akan bermanfaat untuk kedepannya bagi masyarakat sekitar. Pembangunan pertama akan dibangun sebuah gully plug yang bertujuan untuk mencegah erosi yang akan terjadi di daerah tersebut, yang nantinya pembangunan gully plug ini akan dilakukan oleh panitia Penelusuran DAS Brantas PDB XI yang akan bekerjasama dengan dosen-dosen Jurusan Teknik Pengairan Universitas Brawijaya. Pembangunan kedua akan dibangun sebuah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) akan dilakukan oleh para peserta Penelusuran DAS Brantas PDB XI, Hasil dari pembangunan Tempat Pengolahan Akhir (TPA) bertujuan untuk mengurangi masyarakat sekitar untuk membuang sampah sembarangan. Dan pembangunan terakhir akan dibangun sebuah titik himbauan dimana titik himbauan yang dibangun akan bermanfaat sebagai zona himbauan atau zona merah yang dimana titik himbauan tersebut akan dibuat oleh peserta Penelusuran DAS Brantas PDB XI. Isi dari titik himbauan akan diberikan koordinat, logo PDB XI dan logo Himpunan Mahasiswa Pengairan (HMP).

  • Treatment (Reboisasi)

Kegiatan terakhir yang akan dilaksanakan oleh Penelusuran DAS Brantas PDB XI adalah reboisasi atau penanaman bibit. Penanaman bibit dilakukan oleh panitia, peserta, masyarakat, NGO, Dosen dan Pemerintah. Bibit yang akan ditanam adalah cemara gunung, fungsi dari cemara gunung dapat bermanfaat untuk menahan abrasi, pelindung tanaman, sahabat petani, penyubur tanah dll.

 

Berdasarkan kegiatan – kegiatan diatas kemudian didapatkan output berupa:

  • Data Kualitas Air yang mana merupakan hasil utama dari kegiatan poin 2 dan akan diamati perubahannya pada Pekan DAS Brantas atau kegiatan selanjutnya
  • Data Hidrolika sungai ng mana merupakan hasil utama dari kegiatan poin 2 dan akan diamati perubahannya pada Pekan DAS Brantas atau kegiatan selanjutnya
  • Konstruksi Bangunan Gully Plug
  • Tempat pembuangan Akhir (TPA)
  • Tanaman Cemara Gunung yang menjadi pohon yang ditanam sebagai wujud reboisasi
  • Desa Binaan menjadi salah satu  output jangka panjang dari kegiatan ini.
  • Titik Himbauan

“PENDAFTARAN DAN PESERTA”

Pendaftaran dibuka untuk umum dengan persyaratan peserta penelusuran DAS Brantas sebagai berikut:

  1. Peserta Minimal Berusia 17 Tahun
  2. Membayar Uang Pendaftaran Sebesar Rp. 350.000,-/ Regu
  3. Pembayaran uang pendaftaran dapat melalui rekening Bank BCA atas nama Vidia Fitri Amalia nomor rekening 014-291-052-6777
  4. Pendaftaran dan pembayaran uang pendaftaran bisa langsung ke keskretariat Himpunan Mahasiswa Pengairan (HMP) Gedung Kemahasiswaan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Lantai 1 Jalan MT.Haryono no 167 Malang (65145)
  5. Konfirmasi bukti pembayaran Via SMS ke 085708567495 (Ramadhan S.B) atau Email ke penelusurandasbrantasxi@gmail.com dengan format JUMLAH TRANSFER_TANGGAL KIRIM_NAMA PENGIRIM
  6. Setiap Peserta melengkapi berkas berupa:
  • Formulir disertai fotocopy identitas diri (KTP/Kartu Pelajar/SIM) dan bukti tanda pembayaran, untuk formulir dapat didownload pada link berikut ini

FORM PENDAFTARAN——> KLIK HERE

  • Surat pernyataan yang disertai materai
  • Pas foto warna 2 lembar ukuran 3×4
  • Surat keterangan kesehatan dari Dokter
  1. Perwakilan dari setiap regu peserta wajib menghadiri Technical Meeting dan membawa berkas sesuai yang tertera pada nomor 6.
  2. Peserta wajib mentaati ketentuan dan peraturan yang ditetapkan oleh panitia yang dapat didownload pada link berikut ini:

PERATURAN DAN TATA TERTIB——> KLIK HERE

9. Setiap pangkalan atau sebuah organisasi dapat mengirimkan lebih dari satu regu (3 orang/regu)


“TEASER PENELUSURAN DAS BRANTAS”

Klik to see video

1,290 total views, 3 views today