March 6, 2018

Water-X

WATER-X


Acara penutup Pekan DAS Brantas XI

“Peran Rekayasa Teknik dan Masyarakat dalam Pengoptimalan Fungsi Daerah Aliran SUngai dan Siklus Air”


“UMUM”

Water-X adalah acara penutup rangkaian dari Pekan DAS Brantas XI, water X menjadi kegiatan terakhir dari serangkaian kegiatan Pekan DAS Brantas XI yang telah dilakukan pada sebelumnya. sebagai acara yang diadakan sebagai penutup dari kegaitan Pekan DAS Brantas XI. acara ini merupakan acara yang dikonsep formal dan akan mengusung konsep gala dinner. Sebelum memasuki gedung acara para alumni, undangan dan peserta akan di foto dan menandatangani sebuah kain atau banner untuk menjadi kenangan di Water-X.


“KONTEN KEGIATAN”

  • Gala Dinner

Gala Dinner merupakan suatu rangkaian acara pada kegiatan water – X sebagai wadah untuk seluruh alumni dari angkatan pertama hingga angkatan terakhir  (2013). Gala Dinner menjadi rangkaian kegiatan yang bersifat ramah-tamah dan Gala Dinner akan menjadi acara penutup kegiatan pada Water X. Gala Dinner akan  menjadi wadah untuk reuni alumni juga untuk menyampaikan apresiasi dan prestasi pengairan terhadap alumni atas dukungannya kepada perkembangan Teknik Pengairan hingga saat kini.

Sesuai dengan tujuan kegaitan, sasaran utama dari kegiatan Gala Dinner pada Water-X ini adalah para alumni teknik pengairan. kegiatan ini direncanakan memiliki susunan acara sebagai berikut:

  1. Penandatanganan banner alumni.
  2. Pembukaan Gala Dinner
  3. Pemutaran video PDB XI.
  4. Pemaparan prestasi dari KBMP untuk Teknik Pengairan oleh ybs.
  5. Pesan dan kesan dari alumni untuk perbaikan.
  6. Hiburan berupa musik dan penampilan tari daerah
  7. Acara gala dinner alumni
  8. Foto bersama alumni
  9. Penutupan Gala Dinner secara simbolis
  • Stand Up Comedy dan Musik

Stand Up Comedy & Musik adalah suatu rangkaian acara pada kegiatan water x yang berfungsi sebagai media penghibur pada kegiatan Water X. Selain menjadi media pencair suasana dalam acara Water X fungsi dari stand up comedy dan musik hadir untuk menjadi influencer yang bersifat semi-formal dan diharapkan dari metode ini lebih mudah untuk diterima dari semua kalangan.  Stand up comedian akan membawakan materi mengenai krisis air di Indonesia  dengan pembawaan  yang santai tetapi bermakna.  Media musik pada rangkaian Water X diharapkan dapat menjadi pelengkap di  kegiatan Water X, guest star diharapkan menjadi contoh publik figur kepada audiens dan dapat sekaligus  menyampaikan pesan  dan ajakan secara langsung kepada penonton mengenai lingkungan dan air.

  • Lomba Esai Nasional

Lomba Esai Nasional yang bertemakan “Peran Rekayasa Teknik dan Masyarakat dalam Pengoptimalan Fungsi Daerah Aliran Sungai dan Siklus Air” merupakan salah satu rangkaian kegiatan Water X pada PDB XI yang diselenggarakan pada tahun 2018. Kegiatan ini merupakan kompetisi esai tingkat nasional yang diadakan oleh Teknik Pengairan UB yang ditunjukan untuk seluruh mahasiswa D3/S1 se-derajat dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Peserta yang lolos 20 besar akan melakukan presentasi beserta penilaian dari juri untuk diseleksi menjadi 3 besar. Peserta yang menjadi juara umum akan diumumkan pada tanggal 6 Mei 2018 dan dipersilahkan untuk melakukan presentasi pada kegiatan simposium pada tanggal 6 Mei 2016.

 

Pada kegiatan Water-X ini akan mengusung tentang Simposium dan Talkshow. 3 poin konten kegiatan diatas akan digabungkan dan dipadukan pada acara tersebut untuk pembahasan tentang Lingkungan dan Air, untuk tema lomba essay juga membahas tentang Lingkungan dan air. Di acara ini akan diselingi oleh acara hiburan Stand Up Comedy, penampilan forda-forda yang memakai baju adat masing-masing daerah yang menyampaikan 1 kalimat daerah tentang menjaga air, juga akan ada pengumuman juara-juara tiap lomba yang ada di sub-sub acara Pekan Das Brantas XI, dan kemungkinan akan ada penampilan dari band indie yang akan di jadikan mystery guest. Di Water-X juga akan ada pembagian buku Pekan Das Brantas XI.

Di akhir acara akan ada pemaparan hasil acara Pekan DAS Brantas XI  dari awal sampai akhir yang akan disampaikan oleh komika. Pada acara ini, Water-X akan mengudang  Alumni Teknik Pengairan dari angkatan awal sampai angkatan 2013 dan juga akan mengundang para juara di setiap sub acara Pekan DAS Brantas XI.


“LOMBA ESAI NASIONAL”

Sesuai dengan konten kegiatan yang ada pada sebelumnya, salah satunya adalah Lomba Esai Nasional yang diangkat untuk nantinya peserta yang memenangkan akan diundang menjadi pembicara dalam acara puncak Water-X.

Lomba esai ini menawarkan hadiah yang cukup menarik dengan rincian sebagai berikut:

  1. Juara 1 : Rp.3.000.000 + Trophy + Sertifikat + Merchandise
  1. Juara 2 : Rp.2.000.000 + Trophy + Sertifikat + Merchandise
  2. Juara 3 : Rp.1.000.000 + Trophy + Sertifikat + Merchandise

Alur pendaftaran lomba esai nasional dapat dilakukan dengan:

  • Setiap peserta mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh pada dengan klik link berikut ini

FORM PENDAFTARAN ——> KLIK HERE

  • Tahap pendaftaran dan pengumpulan Naskah akan dibuka pada 7 Maret – 15 April 2018.
  • Peserta wajib mengirim naskah sesuai dengan format naskah yang ada pada lampiran TOR yang dapat di download pada link berikut ini:

TOR LOMBA ESAI NASIONAL ——> KLIK HERE

  • Setiap ketua tim melakukan konfirmasi pengiriman naskah dengan format SMS: ESAI WATER X_(Nama Ketua Tim)_(Asal Perguruan Tinggi)_(Tiga Kata Pertama Judul Esai) ke nomor :
    082210267446 (Siire Halumatusa’diah)
  • Pengumpulan esai dipungut biaya senilai Rp. 100.000,00- dan registrasi dibayar melalui rekening Bank BCA 6800721235 a.n Ayasha Fathia. Pembayaran dilakukan tangga 7 Maret 2018 – 15 April 2018.
  • Pengiriman karya tulis dalam bentuk softcopy beserta bukti pembayaran (scan) via email (pekandasbrantas@gmail.com) dilakukan pada tanggal 7 Maret 2018 – 15 April 2018.
  • Pengumuman lolos finalis 20 besar dilakukan pada tanggal 22 April 2018 melalui akun media sosial Pekan Das Brantas XI dan follow-up melalui kontak finalis yang bersangkutan.
  • Semua peserta yang berpartisipasi akan mendapatkan e-certificate. Peserta yang lolos seleksi naskah akan mendapatkan sertifikat
  • Pengiriman karya tulis dalam bentuk softcopy beserta bukti pembayaran (scan) via email dilakukan pada tanggal 1 Maret 2018 – 18 Maret 2018.
  • Pengumunan seleksi esai dilakukan pada tanggal 22 April 2018 melalui website http://www.hmp.ub.ac.id/water-x/
  • Tim yang lolos seleksi naskah esai wajib mengikuti tahap presentasi yang akan dilaksanakan di Universitas Brawijaya pada tanggal 5 Mei 2018
  • Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Untuk timeline kegiatan perlombaan Esai Nasional ini seperti dibawah ini:

  1. Pendaftaran dan Pengumpulan esai (7 Maret – 15 April 2018)
  2. Penilaian Esai (15-20 April 2018)
  3. Pengumuman Finalis (22 April 2018)
  4. Konfirmasi kedatangan finalis (22-30 April 2018)
  5. Technical meeting dan penilaian presentasi finalis (5 Mei 2018)
  6. Pengumuman Juara umum dan pembagian hadiah (6 Mei 2018)

Hal – hal tentang perlombaan lebih lanjut dapat dilihat melalui Term Of Reference yang disediakan atau melalui CP yang tertera.


“PENGUMUMAN FINALIS LOMBA ESAI NASIONAL”

Berdasarkan keputusan dewan juri yang tidak dapat diganggu gugat, berikut adalah nama nama tim yang telah lolos dan menjadi finalis lomba esai nasional:

  1. EUSTASS – Universitas Diponegoro
  2. Ritter Team – Universitas Brawijaya
  3. AMRETA WIWAHAHA – Institut Teknologi Bandung
  4. CV. OFARM – Politeknik Perkapalan Negri Surabaya
  5. INTERSEP TEAM – Universitas Padjajaran
  6. Rafika Amalia Annur – Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  7. Counterfort 64 – Universitas Brawijaya
  8. AMRETA JOSYA – Institut Teknologi Bandung
  9. RESERVOA 64 – Universitas Brawijaya
  10. Aquivergium – Universitas Diponegoro
  11. MNH – Institut Pertanian Bogor
  12. Sapu Jingga – Institut Teknologi Nasional
  13. HOOVER 64 – Universitas Brawijaya
  14. SATU LIMA 64 – Universitas Brawijaya
  15. GAMADAHAYU – Universitas Gadjah Mada
  16. Patung Kuda – Universitas Diponegoro
  17. AMRETA ABIGNAYA – Institut Teknologi Bandung
  18. SRIKANDI 64 – Universitas Brawijaya
  19. BANEW – Politeknik Elektronika Negri Surabaya
  20. G – Starware – Universitas Brawijaya

kami ucapkan selamat pada tim yang telah lolos dan menjadi finalis, untuk selanjutnya tim yang lolos dapat mendownload panduan Finalis pada link dibawah ini

PANDUAN FINALIS


“TEASER WATER-X”

Klik Here for Video

2,280 total views, 1 views today